Proses Laser Cutting dengan Hasil yang Presisi

  • Post last modified:11 June 2021
  • Reading time:4 mins read

Jasa Laser Cutting – Di beberapa industri manufaktur, istilah laser cutting presisi telah menjadi kata kunci yang dirusak dalam ketidakjelasan. Laser cutting telah digunakan selama lebih dari 20 tahun. Teknologi mesin dan proses telah berubah secara drastis dengan peningkatan teknologi dari waktu ke waktu. Akibatnya, ia menjadi lebih mampu daripada yang dipikirkan kebanyakan orang.

Laser cutting presisi adalah penggunaan laser berdaya tinggi untuk memotong bahan. Laser cutting digunakan di sejumlah industri yang berbeda untuk berbagai kegunaan. Ini sangat serbaguna dan sangat dicari. Salah satu kemajuan besar dalam laser cutting adalah kemampuan untuk tidak harus memotong seluruhnya melalui sepotong bahan.

Laser cutting yang dimaksud ialah penggunaan mesin laser cutting. Ada sejumlah mesin laser cutting berbeda yang tersedia untuk digunakan. Yang paling umum dikenal mungkin adalah laser CO2. Tapi laser serat dan laser solid-state juga sangat berguna. Selain itu, pemotong laser gelombang CW atau kontinu tersedia serta pemotong laser plasma.

Dalam menggunakan laser cutting, bagian atau file yang dirancang dibuat dari pemotongan melalui pemindaian 3D dan dimuat ke dalam perangkat lunak yang sesuai untuk laser cutting. Laser yang sangat terfokus kemudian melelehkan material sementara gas bertekanan (seringkali karbon dioksida) digunakan untuk meniup material keluar dari potongan untuk menciptakan apa yang disebut garitan. Secara umum, potongan laser membutuhkan finishing minimal.

Hasil laser cutting sangat akurat. Ini mengarah pada pemotongan akhir yang konsisten. Ketika jenis laser yang tepat, suhu dan daya dipilih, ada sedikit perubahan warna pada prosesnya. Beberapa bahan, seperti plat besi, mungkin mengalami perubahan warna karena sifat reaktif panasnya, tetapi keakuratan bagian tidak terpengaruh.

Dalam laser cutting dapat digunakan untuk berbagai macam bagian dan pemotongan. Paling cocok untuk aplikasi 2D, beberapa bagian 3D juga dapat digunakan. Selama bagian dan bahan yang dipotong dapat masuk ke dalam mesin, itu mungkin dipotong dengan laser. Ini berarti bagian sebesar pintu mobil atau sekecil gigi arloji dapat dipotong dengan laser. Kontrol yang kami miliki atas laser dalam akurasi, kedalaman potong, dll. juga memungkinkan pembuatan suku cadang khusus termasuk pengukiran laser atau grafir,.

Desain untuk laser cutting biasanya digunakan untuk bagian yang dirancang 2D. Dengan demikian, mereka memerlukan format file vektor yang dapat dimuat ke dalam laser cutting. Jenis file ini dapat dibuat dalam sejumlah paket perangkat lunak yang berbeda seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, dan AutoCAD. Beberapa software desain gratis seperti Inkscape dan FreeCAD juga dapat membuat format file vektor. Hampir semua format file vektor berfungsi dan yang paling umum adalah SVG. Jenis file lain yang dapat diterima adalah DXF, AI, EPS, dan PDF, tetapi memiliki file SVG adalah cara terbaik untuk melakukan ini dan umumnya menciptakan sedikit hambatan dalam prosesnya.

Baca juga: Kegunaan Laser Cutting di Berbagai Sektor Industri

Setelah dirancang dan disimpan sebagai format file vektor, mesin pemotong laser dapat dengan mudah memotong potongan. Para profesional dapat dengan cepat memilih pengaturan yang tepat untuk bahan dan laser yang dipotong, dan mesin melakukan pekerjaannya. Keakuratan laser cutting hampir tak tertandingi oleh teknik replikasi lain yang sebanding. Karena sifat format file vektor dan bagaimana laser dikendalikan, laser cutting mampu membuat hasil yang hampir presisi dengan toleransi kesalahan yang sangat rendah. Ini sangat dicari untuk banyak proyek apakah itu kebutuhan untuk dimensi yang sangat spesifik atau produksi massal suatu barang.

Lebar laser sangat kecil. Karena ini, dapat membuat proses cutting yang sangat rumit saat memotong. Misalnya, roda gigi internal jam tangan dapat dipotong dengan laser dan kemudian nomor bagian dan nomor seri dapat diukir pada roda gigi yang sebenarnya sehingga dapat dibaca dengan jelas. Ini adalah peningkatan besar atas metode stamping yang digunakan sebelumnya. Secara umum, Anda dapat memplot detail sekitar 0,1mm, tetapi ada pertimbangan yang harus diambil dengan titik dan sudut yang tajam.

Ketika berbicara tentang laser cutting, umumnya waktu yang dihabiskan akan difokuskan pada aspek desain. Waktu yang dibutuhkan untuk laser cutting itu sendiri relatif cepat dibandingkan dengan metode lain, tetapi bervariasi tergantung pada bahan, ketebalan bahan, dan kekuatan/jenis laser. Bahkan dengan variasi, laser cutting biasanya diukur dalam inci per menit. Misalnya, jika Anda memiliki pemotong laser 5500W baja tahan karat 0,5 inci, Anda dapat memotong sekitar 39 inci per menit. Tetapi laser 700W dalam keadaan yang sama dapat memotong 55 inci per menit.

Pemotongan laser adalah proses yang luar biasa! Hal ini sangat serbaguna, akurat dan rinci. Dibandingkan dengan pilihan manufaktur lainnya, ini cepat dan mudah. Namun, ketika menyangkut aplikasi industri, mendapatkan pengaturan yang benar adalah penting dan memerlukan sejumlah pertimbangan dan perhitungan. Konsultasi profesional disarankan untuk tidak membuang waktu dan sumber daya. Hubungi kami dan kami dapat membantu Anda.


Kreasi Cutting adalah sebuah workshop yang khusus melayani laser cutting dan laser grafir laser atau engraving baik media metal dan non metal menggunakan mesin dengan teknologi sinar laser.

Kami memiliki SDM handal yang siap menjadi mitra ide kreatif Anda, jangan ragu menghubungi kami melalui kontak di bawah ini untuk konsultasi dan penawaran harga laser cutting. Kami merupakan badan usaha berlegalitas, sehingga pelayanannya lebih berkredibelitas dan profesional.